Sodikul Pecinta Kucing, Menulis dan Pecinta Kopi Sachet

Tips Merawat Furniture

3 min read

Tips Merawat Furniture

Dalam sebuah rumah atau hunian, keberadaan furniture memang sangatlat diperlukan. Bahkan furniture menjadi sebuah perabot rumah tangga yang wajib ada di dalam rumah anda. Beberapa jenis furniture yang wajib ada di dalam rumah anda diantaranya adalah kursi tamu, meja makan, lemari pakaian, ranjang tempat tidur, meja makan, dan masih banyak jenis furniture lainnya.

Bahan baku atau material pembuatan furniture memang banyak jenisnya. Ada yang menggunakan bahan kayu, ada yang menggunakan bahan besi atau alumunium, ada juga menggunakan rotan sintetis maupun rotan alami. Namun dari beragam bahan atau material tersebut, bahan baku yang paling sering digunakan adalah bahan kayu. Bahan kayu banyak dipilih dan menjadi primadona karena kayu mempunyai kesan yang eksotis dan klasik.

Tips Merawat Furniture Kayu Agar Awet

Karena menggunakan bahan atau material kayu yang masih bersifat alami. Maka merawat furniture kayu tidak boleh sembarangan. Furniture dengan bahan kayu memang perlu perhatian yang khusus. Kayu yang masih bersifat organik rentan terserang oleh rayap, jamur, dan bisa lapuk. Anda pasti tidak ingin furniture kesayangan anda cepat rusak kan? Oleh sebab itu, simak tips merawat furniture berikut ini.

Bersihkan Furniture Secara Rutin

Bersihkan Furniture Secara Rutin

Tips merawat furniture pertama yang bisa anda lakukan untuk merawat furniture adalah dengan cara membersihkan furniture secara rutin. Dengan membersihkan furniture secara rutin, maka furniture yang anda miliki akan tampak bersih, sehingga tidak terlihat kusam dan kotor. Dengan membersihkan furniture secara rutin juga bisa menghilangkan jamur yang dapat membuat furniture menjadi lapuk.

Cara membersihkan furniture cukup mudah. Gunakan saja kain lap lalu bersihkan permukaan furniture. Anda juga bisa menggunakan kuas untuk bagian permukaan furniture yang sulit dijangkau. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih furniture.

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Usahakan furniture yang anda miliki jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung. Papara sinar matahari secara terus menerus bisa membuat kerusakan pada furniture, terutama pada warna furniture itu sendiri.

Letakkan Furniture di Tempat yang Kering

Letakkan Furniture di Tempat yang Kering

Selain menghindari paparan sinar matahari secara langsung, anda perlu meletakkan furniture di tempat yang kering. Jika anda menempatkan furniture di tempat yang lembab, maka furniture akan mudah diserang oleh jamur, dan rayap. Sehingga furniture akan cepat lapuk dan umur furniture tidak bisa lama.

Angkat Furniture Saat Memindahkan Posisinya

Angkat Furniture Saat Memindahkan Posisinya

Tips merawat furniture berikutnya ini cukup sepele namun banyak dihiraukan oleh orang-orang. Ketika memindahkan posisi furniture, usahakan untuk mengangkatnya dan jangan menyeret furniture. Hal ini bertujuan supaya furniture terhindar dari lecet karena goresan dengan lantai.

Gunakan Alas Kaki Untuk Furniture

Gunakan Alas Kaki Untuk Furniture

Selain mengangkat furniture saat memindahkan posisinya, gunakan juga alas kaki khusus untuk furniture. Penggunaan alas kaki berfungsi untuk melindungi furniture dari goresan-goresan. Selain itu, alas kaki pada furniture juga berguna agar lantai tidak tergores karena furniture itu sendiri.

Jenis-jenis alas kaki furniture juga bermacam-macam, ada yang tinggal di lem ke kaki-kaki furniture, ada yang berbentuk seperti paku namun memiliki permukaan plastik, ada juga yang tinggal memasukkannya pada alas kaki furniture. Tinggal pilih sesuai yang pas untuk furniture anda.

Gunakan Cairan Anti Rayap

Gunakan Cairan Anti Rayap

Furniture dari bahan atau material kayu memang sangat rentan terserang hama seperti rayap. Jika furniture kesayangan anda terserang oleh hama rayap, anda bisa menggunakan cairan anti rayap. Anda bisa medapatkan cairan anti rayap dengan cara membeli di toko khusus atau bisa beli secara online.

Cara menggunakan cairan anti rayap sangat mudah dilakukan. Cukup oleskan cairan pada permukaan furniture dengan menggunakan kuas. Setelah itu bersihkan furniture menggunakan kain lap hingga permukaan furniture benar-benar kering.

Manfaatkan Sisa Teh Untuk Membersihkan Furniture

Manfaatkan Sisa Teh Untuk Membersihkan Furniture

Tips merawat furniture yang satu ini juga bisa anda gunakan untuk merawat furniture kesayangan anda. Selain digunakan untuk minuman, teh juga bisa digunakan untuk membersihkan furniture lho. Teh digunakan untuk mempercantik warna furniture sehingga furniture akan nampak lebih mengkilap dan berkilau.

Untuk membuat warna lebih mengkilap adalah dengan cara mengoleskan kain lap yang sudah dicelupkan dalam seduhan teh hitam.

Jika anda ingin membeli furniture berkualitas tinggi seperti kursi tamu, lemari pakaian, kursi cafe,  meja makan, set kamar tidur, dan furniture berkualitas lainnya. Anda bisa mendapatkan furniture tersebut di toko online Ulin Furniture.

Jenis Kayu Terbaik untuk Bahan Furniture

Sebagai tambahan, pada artikel kali ini saya juga akan memberikan kepada anda mengenai jenis-jenis kayu terbaik untuk digunakan sebagai furniture. Setiap kayu memang memiliki karakternya masing masing. Kualitas dan ketahanan kayu juga berbeda-beda. Lalu jenis kayu apa yang paling baik untuk dijadikan bahan pembuatan sebuah furniture? Nah berikut ini adalah beberapa jenis kayu yang paling baik untuk dijadikan bahan pembuatan furniture.

Kayu Jati

Kayu Jati

Kayu jati adalah jenis kayu yang memiliki kualitas juara dan premium. Kayu jati memiliki daya tahan yang awet dan tahan lama. Selain itu, jenis kayu yang banyak tumbuh di hutan tropis Asia ini juga tahan terhadap rayap, jamur, cuaca, dan tidak mudah lapuk. Tak hanya itu, kayu jati juga memiliki serat yang dan tekstur yang santa bagus, sehingga menjadi nilai tambah kayu jati.

Karena memiliki daya tahan yang kuat dan awet, bahan kayu jati cocok jika digunakan untuk furniture indoor maupun outdoor. Namun jika anda ingin menggunakan bahan kayu jati, anda harus merogoh kocek lebih dalam. Hal ini lantaran harga kayu jati lebih mahal jika dibandingkan dengan harga kayu lainnya.

Anda bisa mendapatkan furniture kayu jati di toko online Ulin Furniture. Banyak furniture berkualitas yang dijual mulai dari kursi tamu, lemari pakaian, kursi cafe, set kamar tidur, dan masih banyak jenis furniture berkualitas lainnya.

Kayu Mahoni

Kayu Mahoni

Selain kayu jati, kayu mahoni juga menjadi kayu yang sering dipakai oleh pelaku usaha furniture atau mebel. Memiliki serat yang halus dan warna merah coklat yang khas membuat kayu mahoni menjadi alternatif kayu jati. Selain itu, haraga kayu mahoni juga lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati.

Dari segi kualitas, kayu mahoni mempunyai kualitas yang baik namun masih kalah dengan kayu jati. Kekurangan kayu mahoni adalah mudah terserang rayap dan tidak tahan dengan kondisi cuaca dan hujan. Maka dari itu, kayu mahoni lebih cocok jika digunakan untuk furniture indoor.

Kayu Sungkai

Kayu Sungkai

Dalam industri furniture maupun mebel, kayu sungkai bukanlah jenis kayu yang asing. Selain untuk bahan furniture, kayu sungkai juga sering dipakai untuk bahan pembuatan vinir, bahan bangunan, maupun digunakan untuk rangka atap. Dari segi kualitas, kayu sungkai tergolong kayu dengan tingkat kekerasan yang tinggi. Selain itu kayu sungkai mudah diproses atau dikerjakan. Hal ini membuat kayu sungkai cukup digemari oleh pengrajin.

Dari segi kualitas, kayu sungkai memiliki kekuatan dan daya tahan yang kurang baik. Disamping itu, kayu sungkai juga mudah retak. Menurut data yang disampaikan oleh dephut, kayu sungkai termasuk golongan kelas III untuk tingkat keawetan, dan termasuk kelas II untuk tingkat kekuatan. Jadi kayu sungkai tidak disarankan untuk furniture  outdoor.

Itulah penjelasan tips merawat furniture dan beberapa jenis kayu yang sering dipakai untuk membuat furniture. Jika anda sedang mencari furniture berkualitas tinggi, silahkan kunjungi toko online Ulin Furniture.

Sodikul Pecinta Kucing, Menulis dan Pecinta Kopi Sachet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *